Popular Post

Popular Posts

Posted by : Cyberr Pamekasan Minggu, 09 Juni 2013







Persepam-Madura United, Awal Kebangkitan Sepakbola Madura

Madura, sebuah pulau di timur pulau Jawa ini memang tidak banyak orang yang mengetahuinya, karena berada di bawah bayang-bayang pulau Jawa dengan kota-kota besarnya. Tidak beda dengan pulau-pulau kecil lainnya di nusantara, Madura hanya berisikan 4 kabupaten yang masuk kedalam daerah otonomi Provinsi Jawa Timur, karena kalah popularitas dengan dengan daerah-daerah di pulau Jawa menjadikan Madura beserta daerah-daerah di dalamnya tenggelam dalam berbagai sendi kehidupan dan tidak banyak dikenal publik, bahkan dalam dalam urusan sepakbola sekalipun. Sepakbola merupakan olahraga paling digemari diseluruh pelosok negeri bahkan dunia tak terkecuali di Madura, masyarakat di Madurapun sangat antusias dengan olahraga yang satu ini tanpa kecuali di semua lapisan dan golongan.
Setiap Kabupaten di Madura memiliki satu klub sepakbola yang berada di bawah naungan PSSI, yaitu Perseba Bangkalan, Persesa Sampang, Persepam Pamekasan, dan terakhir Perssu Sumenep, di pagelaran Liga Indonesia semuanya tidaklah banyak diketahui orang semisal Persibo Bojonegoro atau Persela Lamongan apalagi Persebaya Surabaya, karena memang hanya berkompetisi di divisi-divisi bawah. Namun semuanya berubah di tahun 2013, setelah melewati perjalanan dan perjuangan yang panjang, akhirnya salah satu dari empat klub di Madura bisa naek kelas ke pentas ISL yang notabene adalah kasta tertinggi sepakbola di negeri ini, hal ini praktis langsung mendapat sambutan yang luar biasa dari warga Madura, karena ini adalah kali pertama bagi Madura mempunyai wakil di kasta tertinggi sepakbola Nasional, klub tersebut adalah Persepam Pamekasan.
Kemudian nama Persepam Pamekasan pun diubah menjadi Persepam-Madura United, karena dengan keberhasilannya berlaga di ISL, mereka menjadi kebanggaan masyarakat di seluruh pelosok pulau Madura, bukan hanya masyarakat Kabupaten Pamekasan saja, Persepam-Madura United juga diharapkan mampu bersaing dengan klub-klub lain di pentas ISL, bukan hanya sekedar penggembira di liga atau bahkan hanya numpang lewat, mereka juga dianggap sebagai duta untuk mengenalkan pulau Madura ke dunia luar dalam segala aspek kehidupan dan ragam keunikannya seperti adat istiadat, sosial budaya, pariwisata, dan sebagainya.



Perjalanan Persepam-Madura United di pentas ISL pertamanya ini tidaklah mengecewakan, bahkan klub yang dimanajeri oleh Ahsanul Qosasi ini sempat berada di jajaran sepuluh besar dari 18 peserta, dan hingga kini terus konsisten di papan tengah, hal ini tidaklah mengecewakan, mengingat statusnya sebagai tim promosi apalagi ini adalah kali pertama mereka tampil di kasta tertinggi sepakbola Nasional sejak pertama kali didirikan. Dengan dukungan manajemen yang bagus dan suporter yang luar biasa, mereka diharapkan memperbaiki penampilannya di sisa kompetisi musim ini dan mampu mengganggu dominasi klub-klub besar Nusantara.

Di belakang Persepam-Madura United ada nama Perseba Bangkalan yang berkompetisi di divisi utama liga Indonesia, mereka menjadi satu-satunya wakil Madura di kasta kedua sepak bola Nasional, dan sejauh ini penampilannya cukup baik, karena selalu berada di tiga besar klasmen grup tiga. Masyarakat Madura juga berharap mereka bisa berlaga di kompetisi ISL musim depan, dan bila itu terjadi maka akan ada derby Madura untuk pertama kalinya di kasta sepak bola tertinggi Indonesia. Sementara dua klub lainnya yang dimiliki pulau Madura yaitu, Persesa Sampang dan Perssu Sumenep masih berjuang di divisi dua untuk bisa bersanding dengan saudara-saudaranya di kasta yang lebih tinggi, dan semoga saja mereka mampu melakukannya agar Madura diperhitungkan dalam percaturan sepakbola Nasional, tidak lagi dipandang sebelah mata seperti yang terjadi selama ini.

Leave a Reply

Syarat Berkomentar !!
1.Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan benar .
2.Komentar tidak mengandung SARA,,PELECEHAN,,dan hal2 yang negatif .
3.Tidak boleh menyisipkan link aktif di komentar ini
4.No Spamming
Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Cyberr Pamekasan - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -